Resepsi Orangtua di Jakarta Mengenai Multivitamin Anak dalam Tayangan Youtube Champs Multivitamin “Juara Bersama Champs”
Abstrak
Iklan memiliki beberapa pendekatan salah satunya adalah animasi. Pesan iklan dapat masuk (built in) dalam sebuah tayangan, antara lain program anak. Iklan Champ Multivitamin built in kedalam tayangan animasi di YouTube Didi & Friends X Champs Multivitamin dengan tema "Juara Bersama Champs". Tujuan penelitian ini adalah mengetahui resepsi orang tua di Jakarta mengenai multivitamin anak dalam tayangan YouTube Didi & Friends X Champs Multivitamin “Juara Bersama Champs”. Peneliti mewawancarai pasangan orangtua untuk mengetahui resepsi mereka terhadap multivitamin. Peneliti menggunakan teori Encoding-Decoding Stuart Hall dan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan paradigma konstruktivisme. Hasil penelitian menunjukkan bahwa informan memiliki resepsi yang berbeda terhadap pesan iklan. Dua dari tiga pasangan orangtua yang diwawancara termasuk ke dalam posisi Dominan-Hegemoni, sementara satu pasangan orangtua termasuk ke dalam posisi negosiasi. Perbedaan persepsi tersebut dipengaruhi oleh pemahaman serta latar belakang para informan, khususnya pemahaman berdasarkan pengetahuan mengenai multivitamin pada anak