Model Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dalam Membentuk Budaya Sekolah untuk Penerapan Kurikulum Merdeka
Abstrak
Penelitian ini bertujuan mengkaji budaya sekolah yang sesuai bagi penerapan Kurikulum Merdeka dan model kepemimpinan transformasional kepala sekolah yang sesuai bagi pembentukan budaya sekolah. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan, yakni mendalami berbagai sumber pustaka untuk merumuskan budaya sekolah yang cocok bagi Kurikulum Merdeka dan menguraikan model kepemimpinan transformasional kepala sekolah dalam rangka menciptakan budaya sekolah yang dibutuhkan. Berdasarkan analisis yang dilakukan dari berbagai sumber tersebut, ditemukan bahwa budaya sekolah yang dibutuhkan untuk penerapan Kurikulum Merdeka adalah: hubungan yang akrab dan terbuka antarwarga sekolah, budaya kolaboratif ke dalam dan ke luar, tansparan-berbasis data, eksploratif, dan reflektif. Sementara peran transformasional kepala sekolah dalam membentuk budaya-budaya tersebut adalah membuka ruang-ruang diskusi dan kolaborasi yang melibatkan semua, memberi kebebasan kepada guru dan siswa untuk bereksplorasi, mengapresiasi semua pencapaian dan mengevaluasi kegagalan, mengedepankan transparansi dalam segala hal.