Perilaku Konsumen Remaja Putri Dalam Pengambilan Keputusan Pembelian Secara Online Melalui Tiktok Di Masa Pandemi

  • Ratih Ayu Lestari Institut Teknologi dan Bisnis Kalbis
  • Dholey Dwi Jatmiko Latabulo Institut Teknologi dan Bisnis Kalbis

Abstrak

Penggunaan media sosial Tiktok meningkat di kalangan remaja putri dikarenakan rasa jenuh dan membutuhkan hiburan. Dengan frekuensi penggunaan media sosial Tiktok yang meningkat tersebut mempengaruhi perilaku konsumen mereka yang berdampak pada pengambilan keputusan pembelian selama pandemi, hal tersebut dikarenakan konten yang dikonsumsi berupa review suatu barang, jasa, atau produk. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap bagaimana perilaku konsumen belanja online remaja putri pengguna aktif Tiktok dapat terjadi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan paradigma post positivisme. Penelitian ini berlandaskan teori Decisions Making (Solomon, 2017) yang masih relevan hingga saat ini. Hasil penelitian ini adalah para remaja menunjukkan bahwa Tiktok merupakan aspek utama yang mempengaruhi meningkatnya para remaja putri tersebut mengkonsumsi barang yang mereka lihat melalui media sosial Tiktok selama masa pandemi covid – 19 dengan lingkungan pertemanan sebagai faktor sosial yang mendorong para remaja tersebut, dengan mengutamakan pendapat mereka dalam pengambilan keputusan pembelian secara online yang dapat berubah menjadi perilaku konsumtif.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##
Diterbitkan
2022-02-08