Strategi Komunikasi Humas DKPP melalui Media Sosial Instagram

  • Irfan Fauzi Arief Universitas Nasional
  • Anita Rosana LSPR Communication & Business Institute
Keywords: communication strategy, government public relations, Instagram, social media

Abstract

Penggunaan media sosial adalah metode yang efektif untuk menyebarkan informasi ke berbagai kelompok. Pakar kehumasan dituntut untuk mengelola media sosial secara efektif agar informasi terkait sengketa pemilu dapat dikomunikasikan dengan baik dan akurat kepada publik. Dalam penelitian ini, peneliti menentukan bagaimana strategi kehumasan DKPP melalui media sosial Instagram. Tujuannya untuk mengetahui bagaimana DKPP PR menggunakan Instagram untuk komunikasi mereka. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Dari hasil penelitian ini, didapati bahwa strategi humas DKPP melibatkan penerapan pendekatan komunikasi Management by Objectives (MBO), yang terbentuk melalui kolaborasi antara tim media sosial dan konsultasi dengan pimpinan untuk menetapkan pesan yang tepat yang akan disampaikan kepada publik guna mencapai tujuan yang diharapkan. DKPP juga aktif menyediakan konten media sosial yang informatif dan terkini untuk menarik perhatian serta memperoleh kepercayaan masyarakat. Mereka memanfaatkan segmentasi pengguna internal untuk menyebarkan informasi kepada pemangku kepentingan pemilu dan masyarakat secara lebih efektif.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-03-25