Wacana Kekerasan terhadap Anak di Lingkungan Pendidikan pada Laporan Khas Redaksi Sore TRANS7 Episode 17 Februari 2020

  • Eva Saulina Simannungkalit Institut Teknologi dan Bisnis Kalbis
  • dyah kusumawati Institut Teknologi dan Bisnis Kalbis
Keywords: analisis wacana kritis, kekerasan terhadap anak, televisi

Abstract

Fenomena kekerasan di lingkungan sekolah bukanlah suatu perkara yang baru bagi masyarakat Indonesia. Pada 17 Februari 2020, Laporan Khas Redaksi Sore mengangkat topik kekerasan terhadap anak atas dua kasus yang terjadi dalam waktu berdekatan dan belum genap seminggu. Tujuan penelitian ini adalah untuk membongkar wacana kekerasan terhadap anak di lingkungan pendidikan pada Laporan Khas Redaksi Sore TRANS7. Peneliti menggunakan Teori Hierarchy of Influences dengan pendekatan kualitatif dan metode analisis wacana kritis Norman Fairclough dengan tiga dimensi analisis, yaitu teks, praktik wacana, dan praktik sosiokultural. Dari analisis yang telah dilakukan, peneliti dapat menarik beberapa kesimpulan. Pertama, teks yang dipakai oleh Laporan Khas menunjukkan bahwa redaksi melakukan praktik pemilihan diksi dan metafora, serta mengusung humanisme pemberitaan. Kedua, Laporan Khas tidak hanya sebagai media yang latah untuk sekadar menginformasikan berita, melainkan semata-mata ingin membangun sebuah wacana perjuangan kemanusiaan di mata publik. Ketiga, secara sosial, TRANS7 merepresentasikan ideologi kapitalisme humanis dalam pemberitaannya.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-06-14