Perencanaan Komunikasi Pemasaran Melalui Endorsement Influencer dalam Meningkatkan Brand Awareness S-Grow

Authors

  • Azri Nur Aisyah
  • Davis Roganda PARLINDUNGAN Universitas Kalbis

DOI:

https://doi.org/10.53008/vsdqfr27

Keywords:

brand awareness, influencer, komunikasi pemasaran, media sosial, model SOSTAC

Abstract

Keberhasilan implementasi strategi komunikasi pemasaran dapat meningkatkan brand awareness perusahaan. S-Grow memperoleh jangkauan audiens yang banyak di media sosial setelah melakukan komunikasi pemasaran melalui endorsement influencer. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran melalui endorsement influencer untuk meningkatkan brand awareness S-Grow. Paradigma post-positivistik dengan pendekatan kualitatif dan metode studi kasus digunakan dalam penelitian ini. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian data di analisis menggunakan model interaktif Miles, Huberman, dan Saldana. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan endorsement influencer harus sesuai dengan profil target pasar, pemilihan influencer berdasarkan kinerja sebelumnya dan relevansi konten dengan produk. S-Grow juga memastikan konsistensi pesan komunikasi pemasaran yang disampaikan melalui guideline yang jelas. Dalam Situation Analysis, S-Grow menggunakan analisis SWOT, Tools 5s untuk menetapkan Objectives, Segmentasi geografis, demografis, dan psikografis menjadi landasan Strategy, Taktik dan Action dengan PR dan publicity, personal selling ,dan sales promotion, serta semua aktivitas tersebut dipantau, dikontrol, dan dievaluasi secara berkala.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-12-18