Strategi Customer Relationship Management Credit Union Likku Aba dalam Meningkatkan Loyalitas Anggota

  • Kristian Suryadi Badur Univeritas Airlangga

Abstract

Penelitian ini bertujuan menjelaskan implementasi strategi customer relationship management Credit Union Likku Aba dalam meningkatkan loyalitas anggota. Pengetahuan pelanggan terhadap manfaat produk dan layanan dapat mempengaruhi keputusan pelanggan loyal terhadap perusahaan. Dalam konteks credit union, loyalitas anggota dapat diamati melalui partisipasi aktif dalam credit dan dalam komunikasi organisasi. Pendidikan dasar merupakan sumber informasi akurat bagi anggota untuk memahami organisasi dan pengelolaan credit union. Anggota yang sudah mendapatkan pendidikan dasar sekitar 12.24%. Di dalam pendidikan dasar terjadi penyampaian informasi tentang prinsip, nilai dan operasional credit union. Pelaksanaan pendidikan dasar disesuaikan dengan kesediaan waktu anggota juga. Agar menghindari terjadinya misinformasi tentang credit union, CU Likku Aba melakukan program pemberdayaan melalui kelompok-kelompok basis. CU Likku Aba juga melakukan hubungan jangka panjang dengan anggota dalam kelompok. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara dengan pihak staf diklat dan pemberdayaan dan dokumentasi terkait topik obyek penelitian. Analisa data yang digunakan adalah  teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa CU Likku Aba melakukan tahapan-tahapan dalam penerapan strategi CRM berupa identifikasi, segmentasi, interaksi dengan anggota, dan penyesuasian layanan. Penyesuaian tidak hanya terjadi pada layanan CU tetapi juga pada usaha pengembangan SDM anggota CU Likku Aba melalui kegiatan pemberdayaan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2025-07-07