Aksi Sosial sebagai Strategi Public Relation dalam Membangun Reputasi PT Bhinneka Dwi Persada
Abstract
PT Bhinneka Dwi Persada adalah perusahaan yang bergerak di bidang penyediaan barang dan jasa sistem ALUTSISTA. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi dan komunikasi PR yang dilakukan oleh PT Bhinneka Dwi Persada, agar perusahaan yang tidak begitu terbuka kepada publik dapat meningkatkan dan mempertahankan reputasinya, melalui program CSR. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yaitu dengan memaparkan bagaimana strategi PR yang dilakukan oleh PT Bhinneka Dwi Persada, untuk menjangkau masyarakat, pemerintah, dan pengguna secara efisien. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Konsep yang digunakan adalah Strategi PENCILS. Hasil penelitian yang dilakukan bersama PT Bhinneka Dwi Persada menunjukkan bahwa strategi PR tersebut efektif. Hal ini terlihat dari bagaimana reputasinya dapat meningkat, sekaligus mempertahankan reputasi tersebut selama bertahun-tahun.