Strategi Analisis Pengembangan Produk Di Divisi Research And Development Perusahaan Farmasi PT. X
Abstract
Perusahaan farmasi PT. X merupakan salah satu perusahaan farmasi nasional yang menerapkan strategi generik. Perusahaan Farmasi X tidak hanya berupaya terhadap produk-produk existing namun juga berupaya untuk mengembangkan produk generik off patent item baru, sebagai sarana untuk menghadapi persaingan yang sangat ketat di industri farmasi. Salah satu divisi yang berperan dalam pengembangan produk generik yaitu divisi Research and Development. Perusahaan Farmasi PT. X menerapkan salah satu pendekatan penelitian dan pengembangan (litbang) yaitu menjadi peniru inovatif dari produk yang berhasil, sehingga meminimalkan risiko dan biaya awal. Dalam menjalankan kinerjanya divisi Research and Development perusahaan farmasi PT. X harus memiliki strategi yang tepat untuk meningkatkan efisiensi dan efektifitas dalam proses pengembangan produk obat. Data yang dianalisis pada divisi R&D perusahaan farmasi PT. X merupakan data yang diperoleh dari hasil wawancara, FGD, pengamatan, dan studi pustaka. Kemudian data tersebut dianalisis menggunakan metode SWOT dan QSPM. Hasil dari penelitian dengan menggunakan metode tersebut tersusun perencanaan Strategi yang dapat diterapkan oleh divisi Research and Development Perusahaan Farmasi PT. X meliputi Reformulasi alur pengembangan formula di divisi R&D, meningkatkan kompetensi sumber daya manusia, melengkapi fasilitas di laboratorium R&D dan efisiensi proses produksi