Pengaruh Komunikasi Interpersonal Customer Service Terhadap Loyalitas Pelanggan (Survei Pada PT. Supra Raga Transport)

  • Shafa Ayuninda Putri Institut Teknologi dan Bisnis Kalbis
  • Salman Institut Teknologi dan Bisnis Kalbis

Abstrak

Menciptakan pelanggan yang loyal kepada perusahaan melewati peningkatan pelayanan dengan mengaplikasikan komunikasi interpersonal pada pelayanannya melalui costumer service adalah salah satu cara untuk meningkatkan citra suatu perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah adanya pengaruh penggunaan komunikasi interpersonal dan seberapa besar pengaruhnya terhadap loyalitas pelanggan pada salah satu perusahaan logistik di Indonesia yaitu SRT. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksplanatif-kausalitas. Penelitian ini menggunakan metode survei eksplanatif dengan sifat asosiatif. Survei pada penelitian ini dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner. Teknik sampling yang digunakan merupakan purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 96 responden yang berupa pelanggan SRT. Penelitian ini menggunakan program SPSS versi 25 menunjukkan bahwa variabel komunikasi interpersonal berpengaruh terhadap loyalitas dengna nilai t hitung sebesar 12,032 > 1,98552. Dengan demikian, H0 di tolak dan Ha diterima yang berarti ada pengaruh dari komunikasi interpersonal yang dilakukan Customer Service SRT terhadap loyalitas pelanggan SRT.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##
Diterbitkan
2021-10-15