Pengembangan Gim Edukasi Jenis Tipe Data dalam Pemrograman untuk Pelajar Tingkat SMA dan SMK
Abstrak
Tujuan di belakang penelitian ini adalah untuk mengembangkan sebuah gim edukasi untuk siswa tingkat SMA dan SMK untuk mengajarkan mereka sebuah konsep dalam pemrograman, yaitu tipe data. Peneliti menggunakan mesin gim Unity dan sebuah kerangka pengembangan gim bernama Game Development Life Cycle (GDLC) yang terdiri dari 6 tahap: Inisiasi, Pra-Produksi, Produksi, Uji Coba, Beta, dan Rilis. Pengembangan gim hanya menggunakan aset-aset yang gratis dan/atau dibuat oleh peneliti. Keluaran dari penelitian ini adalah sebuah gim bernama “Mari Berdata” yang dapat dimainkan secara gratis pada platform Desktop seperti PC dan laptop. Responden dari tahap Beta juga menyatakan bahwa mereka mempelajari sesuatu yang baru mengenai tipe data setelah memainkan “Mari Berdata”.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Hak cipta jurnal ini ditugaskan untuk KALBISCIENTIA sebagai penerbit jurnal berdasarkan pengetahuan penulis, sedangkan hak moral publikasi merupakan milik penulis. Setiap publikasi cetak dan elektronik dapat diakses secara terbuka untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Dewan editorial tidak bertanggung jawab atas pelanggaran hak cipta kepada pihak lain selain dari yang telah disebutkan sebelumnya. Reproduksi bagian mana pun dari jurnal ini (dicetak atau online) hanya akan diizinkan dengan izin tertulis dari KALBISCIENTIA: Jurnal Sains dan Teknologi.