Pengembangan Gim Edukasi Jenis Tipe Data dalam Pemrograman untuk Pelajar Tingkat SMA dan SMK

  • Timothy Justin William Universitas Kalbis
  • Harya Bima Dirgantara Institut Teknologi dan Bisnis Kalbis
Kata Kunci: tipe data, gim edukasi, GDLC, mesin gim unity

Abstrak

Tujuan di belakang penelitian ini adalah untuk mengembangkan sebuah gim edukasi untuk siswa tingkat SMA dan SMK untuk mengajarkan mereka sebuah konsep dalam pemrograman, yaitu tipe data. Peneliti menggunakan mesin gim Unity dan sebuah kerangka pengembangan gim bernama Game Development Life Cycle (GDLC) yang terdiri dari 6 tahap: Inisiasi, Pra-Produksi, Produksi, Uji Coba, Beta, dan Rilis. Pengembangan gim hanya menggunakan aset-aset yang gratis dan/atau dibuat oleh peneliti. Keluaran dari penelitian ini adalah sebuah gim bernama “Mari Berdata” yang dapat dimainkan secara gratis pada platform Desktop seperti PC dan laptop. Responden dari tahap Beta juga menyatakan bahwa mereka mempelajari sesuatu yang baru mengenai tipe data setelah memainkan “Mari Berdata”.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##
Diterbitkan
2024-10-28