Penggambaran Hubungan Ibu dan Anak dalam Iklan Lifebuoy Versi Akar Kuat di Bulan Suci

  • Surya Andrie Nugroho Universitas Kalbis
  • Agustrijanto Universitas Kalbis

Abstrak

Sosok ibu merupakan sosok yang sangat istimewa dalam keluarga. Hubungan ibu yang baik dengan anaknya dapat membangun perilaku, sifat, dan mental anaknya. Hubungan yang baik ibu dengan anak ditunjukkan dalam iklan Lifebuoy versi “Akar Kuat di Bulan Suci”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggambaran hubungan ibu dan anak dalam iklan Lifebuoy versi “Akar Kuat di Bulan Suci”. Penelitian ini menggunakan Teori Konstruksi Realitas Sosial di Media Massa melalui tiga proses sosial, yaitu eksternalisasi, objektivasi, dan internalisasi. Dengan paradigma konstruktivisme, pendekatan kualitatif, Metode Analisis isi dengan teknik analisis semiotika Charles S. Peirce yang menggunakan Sign, Object, Interpretant. Hasil penelitian menemukan bahwa penggambaran hubungan ibu dan anak dalam iklan Lifebuoy versi “Akar Kuat di Bulan Suci” digambarkan sebagai hubungan yang emosional, ditandai dengan gestur-gestur yang ditunjukkan ibu dan anak. Hal ini dilakukan sang ibu kepada anaknya sebagai tanda kasih sayang secara fisik dan emosional.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##
Diterbitkan
2024-10-28