Pengembangan Gim Edukasi “Smart Flowers” untuk Pengenalan Bunga Berbasis Android
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah aplikasi gim edukasi yang interaktif mengenai pembelajaran bunga. Permainan ini dikhususkan untuk siswa sekolah dasar karena kurangnya pengetahuan dan terbatasnya sarana untuk mempelajari pengetahuan seputar bunga. Pengembangan gim ini menggunakan metode Game Development Life Cycle dan menggunakan perangkat lunak Unity Engine. Penelitian ini memiliki hasil akhir yaitu gim edukasi “Smart Flowers” berbasis Android. Gim ini tidak memerlukan koneksi internet untuk dimainkan. Pengguna dari aplikasi gim ini dapat mempelajari dan memperluas pengetahuan seputar nama, jenis dan ciri-ciri dari bunga. Dalam penelitian ini telah dilakukan pengujian alfa dan pengujian pengalaman bermain (User Experience) kepada pengguna. Hasil yang didapatkan dari pengujian UX yang dilakukan pengguna pada aplikasi gim “Smart Flowers”, gim edukasi ini dapat digunakan sebagai media alternatif dalam pembelajaran bunga.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Hak cipta jurnal ini ditugaskan untuk KALBISCIENTIA sebagai penerbit jurnal berdasarkan pengetahuan penulis, sedangkan hak moral publikasi merupakan milik penulis. Setiap publikasi cetak dan elektronik dapat diakses secara terbuka untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Dewan editorial tidak bertanggung jawab atas pelanggaran hak cipta kepada pihak lain selain dari yang telah disebutkan sebelumnya. Reproduksi bagian mana pun dari jurnal ini (dicetak atau online) hanya akan diizinkan dengan izin tertulis dari KALBISCIENTIA: Jurnal Sains dan Teknologi.