Aplikasi Media Evaluasi Pembelajaran Pelajaran TIK Berbasis Animasi Multimedia Untuk Anak-Anak Kelas 1 SD
Abstrak
Dampak kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi antara lain digunakannya fasilitas
multimedia dalam kegiatan belajar dan mengajar. Saat ini bahan ajar dan alat evaluasi dalam bentuk
aplikasi berbasis multimedia banyak digunakan, mulai dari pendidikan formal tingkat dasar, menengah,
tinggi maupun pendidikan non formal. Evaluasi pembelajaran berupa ujian atau ulangan merupakan
salah satu alat ukur yang digunakan para Guru untuk menguji keberhasilan kegiatan belajar dan
mengajar, namun masih banyak yang belum memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi
berupa perangkat multimedia sekalipun telah disediakan fasilitasnya oleh lembaga tempat mereka
bekerja. Pada umumnya para Guru lebih suka menggunakan media konvensional berupa kertas soal
dibandingkan dengan soal berbasis multimedia, inilah yang menginspirasi penulis untuk membuat
aplikasi evaluasi Pelajaran TIK berbasis multimedia menggunakan Adobe Flash. Tujuan penelitian
ini adalah: (1) membantu guru-guru SD dalam memberikan soal evaluasi, (2) memudahkan anakanak
SD Kelas 1 dalam mengerjakan soal evaluasi. Metode penelitian yang digunakan adalah model
proses Prototyping. Hasil luaran penelitian ini adalah sebuah aplikasi evaluasi pembelajaran berbasis
animasi multimedia, dipublikasikan di jurnal nasional tidak terakreditasi.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Hak cipta jurnal ini ditugaskan untuk KALBISCIENTIA sebagai penerbit jurnal berdasarkan pengetahuan penulis, sedangkan hak moral publikasi merupakan milik penulis. Setiap publikasi cetak dan elektronik dapat diakses secara terbuka untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Dewan editorial tidak bertanggung jawab atas pelanggaran hak cipta kepada pihak lain selain dari yang telah disebutkan sebelumnya. Reproduksi bagian mana pun dari jurnal ini (dicetak atau online) hanya akan diizinkan dengan izin tertulis dari KALBISCIENTIA: Jurnal Sains dan Teknologi.