Pengembangan Video Permainan Prisoner’s Dilemma 2D Platformer Dengan Menggunakan Unreal Engine
Abstrak
Industri video game telah tumbuh pesat dalam beberapa dekade terakhir, terutama dengan dominasi permainan 3D. Namun, game 2D dapat menjadi alternatif menarik dalam industri yang didominasi oleh permainan 3D. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan game 2D dengan mengintegrasikan teori permainan "Prisoner's Dilemma" untuk menciptakan pengalaman bermain yang menarik bagi pemain. Teknik agile digunakan dalam pengembangan penulisan ini dikarenakan fleksibilitas dari pendekatan ini memungkinkan reaksi cepat terhadap perubahan kebutuhan pengembangan perangkat lunak. Setelah permainan dikembangkan dan diuji menggunakan Black Box Testing dan survey, maka dapat disimpulkan bahwa game Prisoner’s dilemma adalah game interaktif yang menarik dari segi pertarungan dan alur cerita cabang. Selanjutnya, umpan balik dari pemain disertakan melalui kuesioner dengan 28 responden. Hasilnya menunjukkan bahwa video game ini memiliki tampilan (UI) yang menarik, tingkat kesulitan yang cukup, dapat dijalankan dengan mudah pada komputer, kontrol yang mudah dioperasikan, dan mampu meningkatkan minat pemain untuk mencoba video game 2D lainnya.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Hak cipta jurnal ini ditugaskan untuk KALBISCIENTIA sebagai penerbit jurnal berdasarkan pengetahuan penulis, sedangkan hak moral publikasi merupakan milik penulis. Setiap publikasi cetak dan elektronik dapat diakses secara terbuka untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Dewan editorial tidak bertanggung jawab atas pelanggaran hak cipta kepada pihak lain selain dari yang telah disebutkan sebelumnya. Reproduksi bagian mana pun dari jurnal ini (dicetak atau online) hanya akan diizinkan dengan izin tertulis dari KALBISCIENTIA: Jurnal Sains dan Teknologi.