Pengembangan Gim Edukasi Pembelajaran Kata Benda dan Kata Kerja Bahasa Inggris pada Tingkat Sekolah Dasar

  • Jenrico Ervian
  • Harya Bima Dirgantara Institut Teknologi dan Bisnis Kalbis
Kata Kunci: Bahasa Inggris, Gim Edukasi, HTML, Permainan Kartu

Abstrak

Tujuan penelitian ini yaitu mengembangkan gim edukasi yang dapat membantu anak-anak sekolah dasar dalam mempelajari kosakata bahasa Inggris. Materi yang diaplikasikan pada gim terbatas di materi kata benda dan kata kerja dengan jenis gim matching card. Metode yang digunakan adalah Game Development Life Cycle (GDLC) dengan lima tahapan: inisiasi, pra- produksi, produksi, uji coba gim, uji coba beta, dan rilis. Bahasa pemrograman yang digunakan adalah HTML, CSS, dan Javascript. Hasil akhir dari penelitian ini yaitu gim edukasi “Pintar Kosakata” yang dapat dimainkan pada situs web. Hasil pengujian black box menyatakan semua komponen berjalan dengan baik. Dari hasil pengujian perangkat, dinyatakan bahwa minimum lebar dimensi layar perangkat yang dibutuhkan yaitu 320 piksel. Berdasarkan hasil pengujian user experience, 7 dari 10 responden menyatakan paham dengan materi kata benda dan kata kerja bahasa Inggris melalui metode pembelajaran gim edukasi “Pintar Kosakata”.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##
Diterbitkan
2024-04-05