Pengembangan Gim Edukasi Pembelajaran Kata Benda dan Kata Kerja Bahasa Inggris pada Tingkat Sekolah Dasar
Abstrak
Tujuan penelitian ini yaitu mengembangkan gim edukasi yang dapat membantu anak-anak sekolah dasar dalam mempelajari kosakata bahasa Inggris. Materi yang diaplikasikan pada gim terbatas di materi kata benda dan kata kerja dengan jenis gim matching card. Metode yang digunakan adalah Game Development Life Cycle (GDLC) dengan lima tahapan: inisiasi, pra- produksi, produksi, uji coba gim, uji coba beta, dan rilis. Bahasa pemrograman yang digunakan adalah HTML, CSS, dan Javascript. Hasil akhir dari penelitian ini yaitu gim edukasi “Pintar Kosakata” yang dapat dimainkan pada situs web. Hasil pengujian black box menyatakan semua komponen berjalan dengan baik. Dari hasil pengujian perangkat, dinyatakan bahwa minimum lebar dimensi layar perangkat yang dibutuhkan yaitu 320 piksel. Berdasarkan hasil pengujian user experience, 7 dari 10 responden menyatakan paham dengan materi kata benda dan kata kerja bahasa Inggris melalui metode pembelajaran gim edukasi “Pintar Kosakata”.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Hak cipta jurnal ini ditugaskan untuk KALBISCIENTIA sebagai penerbit jurnal berdasarkan pengetahuan penulis, sedangkan hak moral publikasi merupakan milik penulis. Setiap publikasi cetak dan elektronik dapat diakses secara terbuka untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Dewan editorial tidak bertanggung jawab atas pelanggaran hak cipta kepada pihak lain selain dari yang telah disebutkan sebelumnya. Reproduksi bagian mana pun dari jurnal ini (dicetak atau online) hanya akan diizinkan dengan izin tertulis dari KALBISCIENTIA: Jurnal Sains dan Teknologi.