Integrasi Gamifikasi dalam Perancangan dan Pembangunan Website Pembelajaran Kosakata Bahasa Asing

  • Novia Rahman Nisa Universitas Multimedia Nusantara
  • Alexander Waworuntu Universitas Multimedia Nusantara
  • Ester Lumba Universitas Bunda Mulia
Kata Kunci: aplikasi pembelajaran, bahasa, framework Octalysis, gamifikasi, Hedonic-Motivation Adoption Model (HMSAM)

Abstrak

Kemahiran dalam bahasa asing menawarkan berbagai manfaat, dengan penguasaan kosakata menjadi salah satu aspek kunci. Dalam era digital ini, pembelajaran kosakata bahasa asing dapat dilakukan tidak hanya melalui kamus fisik, tetapi juga secara online. Penelitian ini mengembangkan sebuah website pembelajaran kosakata bahasa asing dengan metode gamifikasi, fokus pada Bahasa Jepang dan Bahasa Jerman. Metode gamifikasi diimplementasikan menggunakan framework Octalysis, khususnya melalui core drive Development & Accomplishment dan Empowerment of Creativity & Feedback, dengan elemen permainan seperti reward, leaderboard, dan timer. Website ini diuji dengan model Hedonic-Motivation System Adoption Model (HMSAM) untuk menilai tingkat minat pengguna (behavioral intention to use) dan tingkat imersi. Hasilnya menunjukkan tingkat minat pengguna sebesar 82,29% dan tingkat imersi 80,53%, menandakan efektivitas website dalam pembelajaran kosakata bahasa asing.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##
Diterbitkan
2023-09-01