Integrasi Gamifikasi dalam Perancangan dan Pembangunan Website Pembelajaran Kosakata Bahasa Asing
Abstrak
Kemahiran dalam bahasa asing menawarkan berbagai manfaat, dengan penguasaan kosakata menjadi salah satu aspek kunci. Dalam era digital ini, pembelajaran kosakata bahasa asing dapat dilakukan tidak hanya melalui kamus fisik, tetapi juga secara online. Penelitian ini mengembangkan sebuah website pembelajaran kosakata bahasa asing dengan metode gamifikasi, fokus pada Bahasa Jepang dan Bahasa Jerman. Metode gamifikasi diimplementasikan menggunakan framework Octalysis, khususnya melalui core drive Development & Accomplishment dan Empowerment of Creativity & Feedback, dengan elemen permainan seperti reward, leaderboard, dan timer. Website ini diuji dengan model Hedonic-Motivation System Adoption Model (HMSAM) untuk menilai tingkat minat pengguna (behavioral intention to use) dan tingkat imersi. Hasilnya menunjukkan tingkat minat pengguna sebesar 82,29% dan tingkat imersi 80,53%, menandakan efektivitas website dalam pembelajaran kosakata bahasa asing.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Hak cipta jurnal ini ditugaskan untuk KALBISCIENTIA sebagai penerbit jurnal berdasarkan pengetahuan penulis, sedangkan hak moral publikasi merupakan milik penulis. Setiap publikasi cetak dan elektronik dapat diakses secara terbuka untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Dewan editorial tidak bertanggung jawab atas pelanggaran hak cipta kepada pihak lain selain dari yang telah disebutkan sebelumnya. Reproduksi bagian mana pun dari jurnal ini (dicetak atau online) hanya akan diizinkan dengan izin tertulis dari KALBISCIENTIA: Jurnal Sains dan Teknologi.