Analisa Kebutuhan dan Perancangan Game Edukasi Pengenalan Makanan Hewan Untuk Siswa SD
Abstrak
Analisa Kebutuhan dan Perancangan Game Edukasi harus dilakukan sebelum sebuah program aplikasi game edukasi digunakan karena Game Edukasi saat ini tidak sekedar menjadi alternatif dalam proses pembelajaran tapi sudah banyak yang menjadikannya menjadi bagian dari proses pembelajaran. Perancangan sistem dilakukan dengan model GDLC dan bahasa pemodelan menggunakan UML (United Modelling Language). Implementasi penelitian ini rencananya akan menghasilkan sebuah aplikasi Game Pembelajaran yang bermanfaat bagi siswa SD dan berguna juga sebagai media pembelajaran yang menyenagkan dan bermanfaat pula bagi guru SD sebagai alat bantu dalam mengajar. Sesuai dengan situasi dan kondisi saat ini ditambah lagi berhubungan dengan usia anak-anak kelas 1 SD, dimana pada usia tersebut anak-anak akan lebih suka belajar sambil bermain, maka analisa dan perancanganan game edukasi ini dibuat dengan harapan game edukasi yang dihasilkan nantinya menghasilkan sebuah game yang menunjang proses pembelajaran.
Kata kunci: Analisa, Perancangan, Game, Edukasi
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Hak cipta jurnal ini ditugaskan untuk KALBISCIENTIA sebagai penerbit jurnal berdasarkan pengetahuan penulis, sedangkan hak moral publikasi merupakan milik penulis. Setiap publikasi cetak dan elektronik dapat diakses secara terbuka untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Dewan editorial tidak bertanggung jawab atas pelanggaran hak cipta kepada pihak lain selain dari yang telah disebutkan sebelumnya. Reproduksi bagian mana pun dari jurnal ini (dicetak atau online) hanya akan diizinkan dengan izin tertulis dari KALBISCIENTIA: Jurnal Sains dan Teknologi.