Evolusi Data, Information, Knowledge, Wisdom (DIKW) Pada Pengelolaan Data Pelanggan Baru Berbasis CRM
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan information (informasi) yang diperoleh dari data pelanggan baru, di mana selanjutnya dapat berkembang menjadi knowledge (pengetahuan) dan bahkan wisdom (kearifan) dalam rangka meningkatkan meningkatkan kinerja penjualan pada Lembaga Pendidikan XYZ. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dengan teknik analisis frekuensi serta metode komparatif. Hasil penelitian menunjukkan informasi, sebagai berikut: (1) tingkat konversi prospek menjadi murid hanya 0,44%; (2) 94% murid baru adalah perempuan; (3) 89% murid baru berumur antara 18 – 21 tahun yang merupakan usia normal untuk lulusan SMA; (4) 78% murid baru berasal dari luar daerah; dan (5) 61% murid baru memiliki lead score antara 50 – 100. Dari berbagai informasi tersebut diperoleh pengetahuan (knowledge) bahwa profil murid lembaga tersebut adalah perempuan berumur 18 – 21 tahun dan berasal dari luar daerah, di mana telah mengikuti beberapa event pemasaran oleh lembaga. Diharapkan pengetahuan tersebut dapat dipergunakan oleh manajemen lembaga untuk menambil keputusan yang bijaksana (wisdom).
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Hak cipta jurnal ini ditugaskan untuk KALBISCIENTIA sebagai penerbit jurnal berdasarkan pengetahuan penulis, sedangkan hak moral publikasi merupakan milik penulis. Setiap publikasi cetak dan elektronik dapat diakses secara terbuka untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Dewan editorial tidak bertanggung jawab atas pelanggaran hak cipta kepada pihak lain selain dari yang telah disebutkan sebelumnya. Reproduksi bagian mana pun dari jurnal ini (dicetak atau online) hanya akan diizinkan dengan izin tertulis dari KALBISCIENTIA: Jurnal Sains dan Teknologi.