Evolusi Data, Information, Knowledge, Wisdom (DIKW) Pada Pengelolaan Data Pelanggan Baru Berbasis CRM

  • Pranakusuma Sudhana Institut Teknologi dan Bisnis Kalbis

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan information (informasi) yang diperoleh dari data pelanggan baru, di mana selanjutnya dapat berkembang menjadi knowledge (pengetahuan) dan bahkan wisdom (kearifan) dalam rangka meningkatkan meningkatkan kinerja penjualan pada Lembaga Pendidikan XYZ. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dengan teknik analisis frekuensi serta metode komparatif. Hasil penelitian menunjukkan informasi, sebagai berikut: (1) tingkat konversi prospek menjadi murid hanya 0,44%; (2) 94% murid baru adalah perempuan; (3) 89% murid baru berumur antara 18 – 21 tahun yang merupakan usia normal untuk lulusan SMA; (4) 78% murid baru berasal dari luar daerah; dan (5) 61% murid baru memiliki lead score antara 50 – 100. Dari berbagai informasi tersebut diperoleh pengetahuan (knowledge) bahwa profil murid lembaga tersebut adalah perempuan berumur 18 – 21 tahun dan berasal dari luar daerah, di mana telah mengikuti beberapa event pemasaran oleh lembaga. Diharapkan pengetahuan tersebut dapat dipergunakan oleh manajemen lembaga untuk menambil keputusan yang bijaksana (wisdom).

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##
Diterbitkan
2023-03-10