Pengembangan Permainan Edukasi Etiket Perjamuan Makan Berbasis Web
Abstract
Tujuan penelitian ini menghasilkan sebuah permainan edukasi etiket perjamuan makan budaya Barat berbasis web. Permainan edukasi ini dikembangkan untuk memberikan solusi atas kurangnya pengetahuan masyarakat awam atas pendidikan etiket perjamuan makan budaya Barat. Teknologi yang digunakan untuk mengembangkan permainan ini adalah teknologi berbasis web. Metode yang digunakan untuk mengembangkan permainan ini adalah metode Game Development Life Cycle. Permainan ini dikembangkan dengan menggunakan bahasa HTML, CSS, Javascript, AJAX, dan PHP. Framework Bootstrap dan JQuery juga digunakan untuk menciptakan tampilan yang responsif. Sistem basis data MySQL juga digunakan untuk menyimpan sebagian data permainan. Hasil akhir dari penelitian ini adalah permainan edukasi yang dapat diakses oleh pengguna melalui aplikasi browser (peramban) pada berbagai perangkat yang sudah terhubung ke internet. Dengan memainkan permainan ini, pengguna dapat mempelajari beberapa aturan dasar mengenai etiket perjamuan makan budaya Barat secara virtual.
Downloads
Hak cipta jurnal ini ditugaskan untuk KALBISCIENTIA sebagai penerbit jurnal berdasarkan pengetahuan penulis, sedangkan hak moral publikasi merupakan milik penulis. Setiap publikasi cetak dan elektronik dapat diakses secara terbuka untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Dewan editorial tidak bertanggung jawab atas pelanggaran hak cipta kepada pihak lain selain dari yang telah disebutkan sebelumnya. Reproduksi bagian mana pun dari jurnal ini (dicetak atau online) hanya akan diizinkan dengan izin tertulis dari KALBISCIENTIA: Jurnal Sains dan Teknologi.