Pelatihan Pengenalan Konsep Pembangunan Game Bagi Murid SMK Sint Joseph

  • Harya Bima Dirgantara Institut Teknologi dan Bisnis Kalbis
  • Muhammad Adrinta Abdurrazzaq Institut Teknologi dan Bisnis Kalbis
  • Tedi Lesmana Marselino Institut Teknologi dan Bisnis Kalbis
  • Yulia Ery Kurniawati Institut Teknologi dan Bisnis Kalbis
  • Edwin Lesmana Tjiong

Abstract

Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) merupakan salah satu kegiatan wajib bagi dosen berdasarkan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Artikel ini membahas mengenai perlunya mengadakan pelatihan berkaitan dengan pengenalan konsep pembangunan video game. Hal ini dianggap perlu karena melihat banyaknya peluang yang terbuka di industri video game. Ditambah lagi dengan fakta bahwa Indonesia merupakan pangsa pasar video game terbesar di Asia Tenggara. Pengembang video game lokal bahkan hanya menguasai 0.4% pangsa pasar di Indonesia. Disisi lain, Indonesia memiliki kurikulum pendidikan yang bertujuan untuk menyiapkan sumberdaya manusianya untuk menguasai kemampuan industri dengan pendidikan setingkat Sekolah Menengag Atas (SMA) yang disebut Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Motivasi yang kuat untuk menguasai kemampuan industri pada pelajar SMK menjadikan SMK menjadi target yang cocok untuk diberikan pembekalan mengenai pembangunan video game. Maka dari itu, Institut Teknolgi dan Bisnis Kalbis serta SMK Sint Joseph bermitra untuk mengadakan pelatihan ini. Dari kegiatan PKM yang telah dilakukan, kegiatan ini memiliki hasil evaluasi yang sangat baik berdasarkan kuisioner yang diisi peserta. Berdasarkan antusiasme dan saran dari peserta membuat pelatihan ini juga layak untuk diadakan kembali dengan materi pembelajaran yang baru dan lebih mendalam.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-03-06