Optimizing Students' Thinking Framework with SWOT Analysis: A Solution to Difficulties in Self-Analysis

  • Nungki Cemarawati Prodi Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Sains Al-Qur'an
  • Muhammad Nur Adibuddin Prodi Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Sains Al-Qur'an
  • Sindi Atika Lestari Prodi Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Sains Al-Qur'an
  • Syarif Hamid Prodi Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Sains Al-Qur'an
  • Heri Purwanto Prodi Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Sains Al-Qur'an
Keywords: Self Analysis, SWOT Analysis, Thinking Framework

Abstract

Al-Qur’an mendorong manusia untuk menganalisis diri dengan memperhatikan jati dirinya, memahami keistimewaannya dibandingkan makhluk lain serta menyadari proses penciptaannya. Namun, dalam praktiknya, kemampuan analisis diri masih menjadi tantangan bagi siswa, terutama di tingkat pendidikan menengah seperti SMP. Proses perkembangan emosional dan kognitif yang terus berlangsung sering kali membuat mereka kesulitan dalam mengelola impuls dan mengambil keputusan yang rasional. Salah satu pendekatan yang dapat digunakan untuk membantu siswa memahami diri mereka adalah analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, and Threats). Dengan pendekatan ini, siswa dapat mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang memengaruhi pola pikir serta perilaku mereka. Program pengabdian masyarakat dilakukan melalui serangkaian kegiatan termasuk sosialisasi, studi kasus serta pre-test dan post-test yang diikuti oleh siswa SMP Pesat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah mendapatkan bimbingan mengenai analisis SWOT, siswa mengalami peningkatan dalam memahami diri mereka sendiri, mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan serta merencanakan langkah-langkah yang lebih baik untuk pengembangan diri.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2025-04-12