Peningkatan Kapasitas Media Digital kepada Pelaku UMKM Setu Babakan

  • Lasmery Girsang Universitas Bunda Mulia
  • Ilona V.O. Situmeang Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Persada Indonesia YAI
  • Muhamad Isnaini Program Studi Magister Ilmu Komunikasi, Universitas Bunda Mulia
  • Putri Ramadhaniar Program Studi Magister Ilmu Komunikasi, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Albert Marvindo Program Studi Magister Ilmu Komunikasi, Universitas Bunda Mulia
Keywords: Media Digital; UMKM, Setu Babakan

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilatarbelakangi dari kondisi para pedagang kuliner khas Betawi di kawasan Setu Babakan yang belum seluruhnya ‘melek’ media digital. Sebagai pelaku usaha yakni penjual makanan lokal, para mitra berhadapan dengan tantangan dimana pemasaran konvensional tidak sepenuhnya dapat diandalkan mengingat banyak pesaing telah memaksimalkan media digital dalam usaha keseharian. Untuk itu, tim pelaksana PkM mengadakan upaya literasi akan kegunaan media digital untuk mengubah cara pandang dan perilaku mitra guna beradaptasi dengan teknologi. Alhasil dengan mengandalkan sosialisasi sebagai metode utama, tim pelaksana PkM berhasil menarik minat para mitra untuk beralih dan mengimplementasikan kecanggihan teknologi demi membantu meningkatkan pemasaran produk kuliner pedagang di kawasan tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-04-28