Representasi Kota Tua Jakarta Dalam Iklan Telkomsel Loop

  • Betha Almanfaluthi Institut Teknologi dan Bisnis Kalbis

Abstrak

Tahun 2014 Telkomsel memperkenalkan produk Loop. Loop Ini merupakan produk segmen remaja usia 12-19 tahun. Konsep dalam mengiklankan produk Loop ini pun tentu harus sesuai dengan target market mereka termasuk iklan televisinya. Dalam iklan Loop ini Musuem Fatahillah dan permainan skateboard adalah beberapa visual yang digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pola penandaan yang ada dalam iklan Loop dalam menggambarkan citra Kota Tua Jakarta. Penelitian dilakukan dengan pendekatan representasi Stuart Hall dan semiotika Roland Barthes yang menganalisis perluasan makna tanda. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa bahwa cara merepresentasikan museum Fatahillah ini terlihat ada yang tidak sesuai dengan usaha pemerintah dalam memperbaiki citra Kota Tua. Yaitu adanya ketidaksesuaian dengan usaha revitalisasi Kota Tua Jakarta.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##
Diterbitkan
2021-10-29