Analisis Desain Karakter Pada Maskot Asian Games Ke-18 Jakarta Palembang

  • Sabeth Uttara Institut Teknologi dan Bisnis Kalbis

Abstrak

Indonesia, penyelenggara Asian Games ke-18, menetapkan maskot sebagai salah satu brand identity. Kali ini, ada tiga maskot yang mewakili tiga daerah di Indonesia yaitu Bhin Bhin, Atung dan Kaka. Dilihat dari komunikasi, bagaimana maskot secara visual dapat dipahami oleh masyarakat adalah hal yang paling penting. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan kuesioner dengan skala likert yang dianalisis dengan metode statistik deskriptif. Agar lebih fokus, populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah atlet, dengan usia yang mengacu pada target pasar Asian Games. Akibatnya, dilihat dari aspek desain karakter, siluet dan bentuk; skala abu-abu dan warna; dan kepribadian, maskot Asian Games dibangun dengan baik dimana publik dapat memaknai pesan yang disampaikan oleh penyelenggara.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##
Diterbitkan
2021-10-29