KALBISOCIO Jurnal Bisnis dan Komunikasi http://ojs.kalbis.ac.id/index.php/kalbisocio <p><strong><span style="font-size: 11.0pt;">KALBISOCIO Jurnal Bisnis dan Komunikasi </span></strong><span style="font-size: 11.0pt;">a</span><span lang="EN-US" style="font-size: 10.0pt;">dalah jurnal akses terbuka akademik yang bertujuan untuk mempromosikan integrasi bisnis dan komunikasi. Fokusnya adalah menerbitkan makalah tentang bisnis dan komunikasi. Makalah yang dikirimkan akan ditinjau oleh komite teknis jurnal. Semua artikel yang dikirimkan harus merupakan artikel asli, hasil penelitian yang sebelumnya tidak pernah dipublikasikan, eksperimental atau teoritis, dan akan ditinjau oleh reviewer. Artikel yang dikirimkan ke jurnal harus memenuhi kriteria ini dan tidak boleh sedang dipertimbangkan untuk publikasi di tempat lain. Naskah harus mengikuti gaya jurnal dan dapat ditelaah dan diedit.</span></p> <p><strong><span style="font-size: 11.0pt;">Diterbitkan 2 kali setahun, Maret dan September</span></strong></p> <p><strong><span style="font-size: 11.0pt;">E - ISSN 2829-1301<br>P - ISSN 2356-4385</span></strong></p> en-US muhammad.alyatalatthaf@kalbis.ac.id (Muhammad Dicka Maarief Alyatalatthaf) ignatius.sumbogo@kalbis.ac.id (Ignatius Ario Sumbogo) Mon, 25 Mar 2024 07:03:06 +0000 OJS 3.1.2.4 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Resepsi Orangtua di Jakarta Mengenai Multivitamin Anak dalam Tayangan Youtube Champs Multivitamin “Juara Bersama Champs” http://ojs.kalbis.ac.id/index.php/kalbisocio/article/view/3216 <p>Iklan memiliki beberapa pendekatan salah satunya adalah animasi. Pesan iklan dapat masuk (built in) dalam sebuah tayangan, antara lain program anak. Iklan Champ Multivitamin built in kedalam tayangan animasi di YouTube Didi &amp; Friends X Champs Multivitamin dengan tema "Juara Bersama Champs". Tujuan penelitian ini&nbsp;adalah&nbsp;mengetahui&nbsp;resepsi orang tua&nbsp;di Jakarta mengenai multivitamin anak dalam tayangan YouTube Didi &amp; Friends X Champs Multivitamin “Juara Bersama Champs”. Peneliti mewawancarai pasangan orangtua untuk mengetahui resepsi mereka terhadap multivitamin. Peneliti menggunakan teori Encoding-Decoding Stuart Hall dan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan paradigma konstruktivisme. Hasil penelitian menunjukkan bahwa informan memiliki resepsi yang berbeda terhadap pesan iklan. Dua dari tiga pasangan orangtua yang diwawancara termasuk ke dalam posisi Dominan-Hegemoni, sementara satu pasangan orangtua termasuk ke dalam posisi negosiasi. Perbedaan persepsi tersebut dipengaruhi oleh pemahaman serta latar belakang para informan, khususnya pemahaman berdasarkan pengetahuan mengenai multivitamin pada anak</p> Edgar Baskoro, Altobeli Lobodally Copyright (c) 2024 KALBISOCIO Jurnal Bisnis dan Komunikasi http://ojs.kalbis.ac.id/index.php/kalbisocio/article/view/3216 Mon, 25 Mar 2024 03:37:32 +0000 The Influence of Fiki Naki’s Self-Disclosure on Subscribers’ Perceptions http://ojs.kalbis.ac.id/index.php/kalbisocio/article/view/3230 <p><em>All individuals must communicate in the ongoing information exchange process. Indonesian Youtuber Fiki Naki. Fiki Naki has 3.85 million YouTube subscribers as of March 19, 2021. Fiki Naki published “Dayana, Cewek Kazakhstan Yang Ngajak Aku Nikah (Part 1)” on January 11, 2021. The video shows an Indonesian YouTuber meeting a Kazakhstani woman. On January 11, 2021, Fiki Naki reuploaded “Dayana Nungguin Aku di Kazakhstan (Part 2)”. In this second video, Dayana learns that Fiki Naki is an Indonesian YouTuber and resumes her conversation. Dayana mentioned her Indonesian fame and Instagram growth. On January 18, 2021, Fiki Naki re-uploaded his third and fourth videos, “Dayana Cerita Tentang Perasaannya (Part 3)” and “Dayana Sedih Karena Ini… (Part 4),” on YouTube. They talked in this third video to get closer. Fiki Naki asks Dayana personal questions. Their fourth video continues their third. They discuss Dayana's thoughts on Indonesians, who hate and like her. The stimulus-response theory underpins this study. This study examined Fiki Naki's self-disclosure's impact on subscriber perceptions and its degree of influence. This research examines how Fiki Naki's transparency influences subscribers. The researcher will use 4.1 million Fiki Naki YouTube subscribers as of April 30, 2021. This study employed purposive sampling. Since numerous criteria define the sample, this method was chosen: 1. Fiki Naki's YouTube followers. 2. Have they watched Fiki Naki videos with Dayana? Slovin algorithm estimates sample size; with a 5% margin of error, 399.97 is rounded up to 400 respondents.</em></p> Kevin Darmawan, Santi Delliana Copyright (c) 2024 KALBISOCIO Jurnal Bisnis dan Komunikasi http://ojs.kalbis.ac.id/index.php/kalbisocio/article/view/3230 Mon, 25 Mar 2024 03:41:28 +0000 Penggunaan Aplikasi X Sebagai Media Akses Konten Pornografi http://ojs.kalbis.ac.id/index.php/kalbisocio/article/view/3264 <p>Kemajuan teknologi menjadi tantangan besar karena terdapat banyak dampak bagi penggunanya salah satunya maraknya pornografi. Saat ini media sosial tidak hanya menjadi wadah membagikan keseharian atau mendapatkan informasi, namun juga menjadi wadah penyebaran pornografi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pengumpulan data wawancara dengan informan secara tidak langsung. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan X menjadi wadah dalam mengakses banyaknya konten pornografi.</p> Wiyanie Putri Copyright (c) 2024 KALBISOCIO Jurnal Bisnis dan Komunikasi http://ojs.kalbis.ac.id/index.php/kalbisocio/article/view/3264 Mon, 25 Mar 2024 03:49:15 +0000 Pengetahuan Politik dan Pemanfaatan Media Sosial dalam Peningkatan Partisipasi Politik Pemilih Pemula pada Pemilu 2024 http://ojs.kalbis.ac.id/index.php/kalbisocio/article/view/3270 <p><em>Penelitian ini &nbsp;bertujuan untuk </em><em>m</em><em>enganalisis</em><em>&nbsp;pengaruh pegetahuan politik dan </em><em>manfaat </em><em>media sosial </em><em>terhadap </em><em>partisipasi politik pemilih pemula </em><em>dalam</em><em>&nbsp;</em><em>menghadapi</em><em>&nbsp;pemilu 2024</em><em>.</em><em>&nbsp;</em><em>Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif, data dikumpulkan dengan menyebarkan kuesioner penelitian kepada pemiliih pemula (pemuda) dan data diolah menggunakan spss. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan politik dan manfaat media sosial tidak berpengaruh terhadap partisipasi poitik para pemilih pemula dalam menghadapi pemilu 2024.</em></p> Nabila Rana Naifah Copyright (c) 2024 KALBISOCIO Jurnal Bisnis dan Komunikasi http://ojs.kalbis.ac.id/index.php/kalbisocio/article/view/3270 Mon, 25 Mar 2024 00:00:00 +0000 Analisis Fenomena Weekend Effect dan Monday Effect terhadap Return Saham Perusahaan http://ojs.kalbis.ac.id/index.php/kalbisocio/article/view/3271 <p><strong><em>Abstract: </em></strong><em>The research aims to determine the impact of the Monday effect and Weekend effect on the daily stock Returns of pharmaceutical sub-sector companies listed on the Indonesia Stock Exchange from April 2020 to April 2021. The research analysis method used multiple linear regression with the assistance of IBM SPSS Statistics 26 software. A total of 11 companies from the sub-sector were selected as the population for this study, and after applying purposive sampling method, a sample of 9 companies was obtained from the total population. The daily stock Returns calculation in this research was based on the closing prices. The study found that the Monday effect variable had no significant partial impact on stock Returns. However, the Weekend effect variable had a significant partial impact on stock Returns, and both the Monday effect and Weekend effect variables together had an impact on daily stock Returns.</em></p> <p><strong><em>Keywords: </em></strong><em>Stock-Return, Monday-effect, Weekend-effect, Market</em>-<em>anomaly</em></p> Bayu Haryadi, Siti Ruhana Dara Copyright (c) 2024 KALBISOCIO Jurnal Bisnis dan Komunikasi http://ojs.kalbis.ac.id/index.php/kalbisocio/article/view/3271 Mon, 25 Mar 2024 04:05:17 +0000 Pengaruh Unsur Pokok Produk Pariwisata terhadap Peningkatan Jumlah Pengunjung di Taman Wisata Matahari Cilember, Bogor http://ojs.kalbis.ac.id/index.php/kalbisocio/article/view/3513 <p><em>This </em><em>study</em><em> aims to determine the influence of the main elements of tourism on increasing the number of visitors at Matahari Tourism Park. There are four variables in this research, namely attractions, accessibility and amenities and an increase in the number of visitors. This research uses quantitative methods using random sampling techniques. Distribution of closed questionnaires to 100 respondents who were visitors to Matahari Tourism Park. The tests used in this research are validity testing, reliability testing, hypothesis testing and multiple regression analysis. The results of this research show that the variables of attraction, accessibility and amenities influence the increase in the number of visitors at Matahari Cilember Tourism Park at the same time.</em></p> <p><em>&nbsp;</em></p> Martinus Hia Copyright (c) 2024 KALBISOCIO Jurnal Bisnis dan Komunikasi http://ojs.kalbis.ac.id/index.php/kalbisocio/article/view/3513 Mon, 25 Mar 2024 04:07:24 +0000 Mitos Budaya dalam Ritual Rebo Wekasan http://ojs.kalbis.ac.id/index.php/kalbisocio/article/view/3283 <p><em>Penelitian ini bertujuan untuk memahami makna Rebo Wekasan yang direpresentasikan dalam Film Inang. Rebo Wekasan adalah ritual yang memiliki mitos bagi sebagian masyarakat Jawa. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif dan metode semiotika Barthes untuk menganalisa makna denotasi, konotasi, dan mitos. Hasil penelitian menemukan bahwa makna denotasi yang terdapat dalam film Inang yaitu beberapa masyarakat Jawa masih mempercayai dan melakukan rangkaian ritual Rebo Wekasan. Sedangkan makna konotasi dalam Film Inang ditunjukkan dalam ekspresi, perilaku, dan gerak-gerik keresahan para tokoh ketika menjalankan ritual Rebo Wekasan. Terdapat pula mitos yang ditunjukkan dalam keragaman makna dan ritual budaya di setiap daerah. Film Inang menunjukkan bahwa ritual Rebo Wekasan versi Film Inang tidak mewakili budaya Jawa secara umum. Sebuah film merepresentasikan budaya secara estetis, dramatis, dan subjektif.</em></p> Shintya Tifanny Affifah, Reza Praditya Yudha Copyright (c) 2024 KALBISOCIO Jurnal Bisnis dan Komunikasi http://ojs.kalbis.ac.id/index.php/kalbisocio/article/view/3283 Mon, 25 Mar 2024 00:00:00 +0000 Strategi Komunikasi dalam Membangun Hubungan Pelanggan @fellasforher melalui Program #titipbuangsampah di Instagram http://ojs.kalbis.ac.id/index.php/kalbisocio/article/view/3272 <p><em>Fellasforher merupakan brand yang menjual produk kebutuhan wanita dan aktif memasarkan produk. Selain itu mereka aktif melakukan komunikasi dalam membangun hubungan pelanggan melalui media sosial Instagram dengan akun @fellasforher melalui program #TitipBuangSampah. Tujuan penelitian ini ingin mendeskripsikan strategi komunikasi dalam membangun hubungan pelanggan yang dilakukan akun @Fellasforher melalui program #TitipBuangSampah di Instagram. Pendekatan penelitian yang digunakan kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan </em><em>Fellasforher menggunakan strategi komunikasi dalam membangun hubungan dengan pelanggan pada program </em><em>#TitipBuangSampah di Instagram melalui </em><em>program food REting yakni aktivitas memberikan ulasan terhadap makanan, REmovie merupakan aktivitas melalui ulasan dan rekomendasi film, REview merupakan program memberikan ulasan terkait produk atau jasa, REcun merupakan program memberikan informasi terkait produk yang bagus dan layak di coba, serta REpotin yaitu program jasa titip yang hanya di buka pada waktu tertentu.</em></p> Marciella Imanuella, Davis Roganda Parlindungan Copyright (c) 2024 KALBISOCIO Jurnal Bisnis dan Komunikasi http://ojs.kalbis.ac.id/index.php/kalbisocio/article/view/3272 Mon, 25 Mar 2024 00:00:00 +0000 Manajemen Sampah dalam Pemanfaatan Potensi Sampah Secara Optimal (Studi Kasus Kota Bogor) http://ojs.kalbis.ac.id/index.php/kalbisocio/article/view/3296 <p><em>Produksi sampah setiap hari kian meningkat seiring dengan bertambahnya jumlah produk dan pola konsumsi masyarakat. Konsekuensinya masalah sampah menjadi terabaikan seperti pengelolaan sampah yang sulit dikendalikan oleh masayarakat. Permasalahan sampah ini semakin meningkat dari tahun ke tahun. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengelolaan pengelolaan sampah yang dilakukan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kota Bogor melihat fungsi manajemen yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan. Penelitian ini menggunakan analisis kualitatif dengan mengambil studi kasus pada Dinas Lingkungan Hidup Kota Bogor. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, studi kepustakaan, dan dokumentasi melalui sumber data primer dan sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan pengelolaan sampah oleh Dinas Lingkungan Hidup Kota Bogor telah terlaksana dengan baik mulai dari tahap perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pemantauan, meskipun masih ada beberapa bagian yang perlu diperbaiki seperti masalah SDM dan juga karena keterbatasan lahan untuk pengelolaan sampah.</em></p> Zainuddin Zulkifli, Ujang Kusnaedi Copyright (c) 2024 KALBISOCIO Jurnal Bisnis dan Komunikasi http://ojs.kalbis.ac.id/index.php/kalbisocio/article/view/3296 Mon, 25 Mar 2024 04:55:20 +0000 Pengaruh Kemudahan Sistem, Keamanan Sistem dan Tampilan Aplikasi Mobile Banking terhadap Kepuasan Nasabah dengan Kualitas Layanan Sebagai Variabel Intervening http://ojs.kalbis.ac.id/index.php/kalbisocio/article/view/3302 <p><em>This study aims to analyze the influence</em><em>s</em><em> of </em><em>System Easiness, S</em><em>ystem Security and </em><em>A</em><em>pplication </em><em>D</em><em>isplay</em><em> of Mobile Baking</em><em> on </em><em>C</em><em>ustomer </em><em>S</em><em>atisfaction with </em><em>S</em><em>ervice </em><em>Q</em><em>uality as intervening variable. this study uses kuantitative&nbsp; method . Respondents </em><em>&nbsp;are </em><em>obtained through the distribution of questionnaires in the form of google forms </em><em>via </em><em>Whatsapp and Instagram direct message. The number of respondents </em><em>satisfies</em><em> the criteria for mobile banking users is 106 people, consisting of 70 men and 36 women. Hypothesis testing was carried out using Inner Model and Outer Model approach based on </em><em>P</em><em>artial </em><em>L</em><em>east </em><em>S</em><em>quare (PLS). The results of </em><em>study</em> <em>indicate</em><em> that the system security and application display through service quality have a positive effect on customer satisfaction of mobile banking. On the other hand, the ease of system does not affect the customer satisfaction of&nbsp; mobile banking</em></p> Mustika Raudhatul Jannah, Suzanna Lamria Siregar Copyright (c) 2024 KALBISOCIO Jurnal Bisnis dan Komunikasi http://ojs.kalbis.ac.id/index.php/kalbisocio/article/view/3302 Mon, 25 Mar 2024 05:36:39 +0000 Strategi Komunikasi Humas DKPP melalui Media Sosial Instagram http://ojs.kalbis.ac.id/index.php/kalbisocio/article/view/3329 <p><em>Penggunaan media sosial adalah metode yang efektif untuk menyebarkan informasi ke berbagai kelompok. Pakar kehumasan dituntut untuk mengelola media sosial secara efektif agar informasi terkait sengketa pemilu dapat dikomunikasikan dengan baik dan akurat kepada publik. Dalam penelitian ini, peneliti menentukan bagaimana strategi kehumasan DKPP melalui media sosial Instagram. Tujuannya untuk mengetahui bagaimana DKPP PR menggunakan Instagram untuk komunikasi mereka. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Dari hasil penelitian ini, didapati bahwa strategi humas DKPP melibatkan penerapan pendekatan komunikasi Management by Objectives (MBO), yang terbentuk melalui kolaborasi antara tim media sosial dan konsultasi dengan pimpinan untuk menetapkan pesan yang tepat yang akan disampaikan kepada publik guna mencapai tujuan yang diharapkan. DKPP juga aktif menyediakan konten media sosial yang informatif dan terkini untuk menarik perhatian serta memperoleh kepercayaan masyarakat. Mereka memanfaatkan segmentasi pengguna internal untuk menyebarkan informasi kepada pemangku kepentingan pemilu dan masyarakat secara lebih efektif.</em></p> Irfan Fauzi Arief, Anita Rosana Copyright (c) 2024 KALBISOCIO Jurnal Bisnis dan Komunikasi http://ojs.kalbis.ac.id/index.php/kalbisocio/article/view/3329 Mon, 25 Mar 2024 07:41:10 +0000