Manajemen Krisis Manajemen Krisis Public Relations PT Jakarta Propertindo dalam Menangani Revitalisasi Taman Ismail Marzuki Jakarta
Abstract
Public Relations memiliki peran yang sangat penting dalam sebuah perusahaan. Peran penting dari public relations bagi perusahaan yaitu sebagai pihak yang dapat memecahkan suatu permasalahan dalam perusahaan. Terlebih setiap perusahaan tidak pernah tahu dengan pasti kapan krisis akan dating. Seperti krisis yang menimpa PT Jakarta Propertindo ketika sedang di tugaskan oleh Pemprov DKI Jakarta untuk merevitalisasi Taman Ismail Marzuki menuai pro dan kontra. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui manajemen krisis Public Relations PT Jakarta Propertindo dalam menangani masalah revitalisasi Taman Ismail Marzuki. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan menggunakan teori model relasi manajemen isu dan krisis serta paradigma konstruktivisme. Pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Dalam pemilihan informan penelitian, peneliti menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen krisis PT Jakarta Propertindo dalam menangani masalah revitalisasi Taman Ismail Marzuki dengan melakukan tahapan krisis, sistem mengelola isu dan dampak isu dalam jangka panjang, lalu memperbaiki citra perusahaan dengan terus berkomunikasi bersama para pelaku seni dan memiliki hubungan yang baik dengan media.
Kata Kunci: manajemen krisis, public relations, revitalisasi Taman Ismail Marzuki, tahapan krisis