Strategi Bersaing Produk Air Minum Alkali PT KLM di Wilayah Bogor, Jawa Barat
Abstract
PT. KLM merupakan perusahaan air minum yang ada di Bogor Jawa Barat, memproduksi air minum pH 8+ atau air minum alkali, yang berfungsi bukan sekedar menghilangkan rasa dahaga tetapi juga memberikan manfaat kesehatan lainnya. Tujuan penelitian adalah mengidentifikasi faktor internal dan eksternal produk air minum alkali PT. KLM, menggunakan analisa SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities and Threats) dari beberapa faktor yang diperoleh untuk menentukan strategi bisnis PT KLM dalam menghadapi persaingan industri. Hasil analisis SWOT dan IFE EFE, didapatkan kekuatan dan peluang memiliki skor lebih besar dari kelemahan dan ancaman. Pada faktor internal, kekuatan memiliki skor 2.13 dan kelemahan dengan skor 1.99 sehingga didapatkan nilai x adalah 0.14. Faktor eksternal, peluang mendapat skor 2.17 dan ancaman yang mendapat skor 1.90, sehingga didapatkan nilai y adalah 0.27. Dilihat dari titik x dan y (0.14, 0.27), posisi berada pada kuadran 1 yaitu pertumbuhan agresif. Langkah implementasi dari Strategi pertumbuhan agresif adalah melakukan penetrasi pasar, mengembangkan market melalui media promosi dan meningkatkan kualitas mesin