http://ojs.kalbis.ac.id/index.php/kalbiscientia/issue/feedKALBISCIENTIA Jurnal Sains dan Teknologi 2025-04-08T02:06:12+00:00Ridha Sefina Samosirridha.samosir@kalbis.ac.idOpen Journal Systems<p><strong><span style="font-size: 11.0pt;">KALBISCIENTIA Jurnal Sains dan Teknologi </span></strong><span style="font-size: 11.0pt;">adalah jurnal akses terbuka yang bertujuan untuk mempromosikan integrasi ilmu pengetahuan dan teknologi. KALBISCIENTIA Jurnal Sains dan Teknologi diterbitkan oleh Universitas Kalbis. Fokus jurnal ini adalah untuk menerbitkan artikel dalam bidang penerapan sains dan teknologi. Artikel yang dikirim harus berupa hasil penelitian (ekeperimental maupun teoritis), yang sebelumnya tidak dipublikasikan atau sedang dipertimbangkan untuk dipublikasikan di tempat lain. Artikel akan ditinjau oleh rekan sejawat. Naskah yang dikirim harus mengikuti gaya penulisan jurnal ini.</span><span style="font-size: 11.0pt;"><br></span></p> <p><span style="font-size: 11.0pt;"><strong>Diterbitkan 2 kali setahun, Maret dan September</strong></span></p> <p><strong>E - ISSN 2775-5576</strong><br><strong>P - ISSN 2356-4393</strong></p> <p> </p>http://ojs.kalbis.ac.id/index.php/kalbiscientia/article/view/4391Perancangan E-Commerce Penjualan Brankas Berbasis Website (Studi Kasus: CV. BINTANG UTAMA)2025-03-29T14:37:22+00:00Hario Febrian Pratama Subekti Hariohario.febriann@gmail.comBambang Irawanbambang.irawan@esaunggul.ac.id<ol> <li class="show"><em> Bintang Utama adalah perusahaan yang bergerak di bidang brankas dan berupaya meningkatkan layanan serta kualitas melalui strategi bisnis berorientasi konsumen. Saat ini, pemasaran produk terbatas pada media sosial seperti website company dan WhatsApp, sehingga diperlukan media pemasaran baru, yaitu e-commerce. Penelitian ini bertujuan untuk merancang e-commerce penjualan brankas berbasis website guna memperluas jangkauan pemasaran. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan studi pustaka, dengan pengembangan menggunakan metode RAD (Rapid Application Development), UML, PHP, dan MySQL. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-commerce berhasil dikembangkan dengan seluruh fitur berfungsi optimal berdasarkan pengujian black box testing. Website ini telah diimplementasikan dan dapat diakses oleh pelanggan maupun pengguna baru yang ingin membeli brankas di CV. Bintang Utama.</em></li> </ol>2025-03-27T00:00:00+00:00##submission.copyrightStatement##http://ojs.kalbis.ac.id/index.php/kalbiscientia/article/view/4400Klasifikasi Citra Gerakan Olahraga Dalam Gym Menggunakan Graph Convolutional Network2025-03-29T14:37:22+00:00Affan Rifqy Kurniadiaffan.kurniadi@gmail.comAkmalakmal@unpad.ac.idDeni Setianadeni@unpad.ac.id<p><em>Tingkat partisipasi olahraga masyarakat Indonesia masih rendah, dengan Sport Development Index (SDI) tahun 2022 mencatat hanya 30,93%, turun dari 32,80% pada tahun sebelumnya. Olahraga sederhana yang dapat diikuti salah satunya adalah olahraga gym. Penelitian ini bertujuan untuk mengenalkan dan mempromosikan gerakan dasar gym seperti benchpress, squat, dan deadlift guna mendorong peningkatan partisipasi olahraga. Penelitian menggunakan teknologi Deep Learning berbasis Graph Convolutional Network (GCN) untuk mengklasifikasikan citra gerakan gym ke dalam tiga kelas tersebut. Fokus penelitian adalah membandingkan berbagai hyperparameter, termasuk model, ukuran batch, dan dropout, untuk menemukan konfigurasi optimal dengan performa terbaik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model GCN mencapai nilai F1 Score sebesar 0,8667, menunjukkan performa yang baik dalam klasifikasi citra gerakan gym. Sebagai implementasi, aplikasi berbasis web sederhana dikembangkan untuk memfasilitasi klasifikasi gerakan gym secara otomatis</em><em>.</em></p>2025-03-27T09:40:57+00:00##submission.copyrightStatement##http://ojs.kalbis.ac.id/index.php/kalbiscientia/article/view/4404Visualisasi Data Pasien Rawat Jalan di RS. Mitra Keluarga Bekasi Timur dengan Teknik Business Intelligence2025-03-29T14:37:23+00:00Wiliam Fredrick Sakalessy2018104198@student.kalbis.ac.idRidha Sefina Samosirridha.samosir@kalbis.ac.id<p><em>Rumah sakit Mitra Keluarga Bekasi Timur adalah sebuah rumah sakit swasta dengan komitmen memberikan layanan kesehatan terbaik untuk keluarga di Indonesia. Saat ini rumah sakit memiliki masalah pada bagian layanan pasien rawat jalan dari segi waktu layanan yang belum sesuai dengan standar rumah sakit. Tujuan penelitian ini, melakukan visualisasi data pasien rawat jalan dengan menggunakan teknik business intelligence berbentuk dashboard agar dapat membantu rumah sakit menentukan pemecahan masalah jika terdapat ketidaksesuaian pada waktu layanan. Menggunakan metode teknik business intelligence dengan menggunakan tools Microsoft Power BI untuk membantu proses analisis dengan beberapa chart seperti bar chart, line chart, dan pie chart. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah dashboard yang membantu pihak manajemen rumah sakit untuk memantau informasi dari masing-masih visualisasi jumlah pasien dan waktu layanan pasien rawat jalan</em><em>.</em></p>2025-03-28T00:00:00+00:00##submission.copyrightStatement##http://ojs.kalbis.ac.id/index.php/kalbiscientia/article/view/4406Sistem Informasi Penyewaan Indekos Terdekat dengan Kawasan Industri Berbasis Website di Bogor2025-03-29T14:37:23+00:00Fiqri Hendrawan fiqrihendrawan10@gmail.comMira Ziveria mira.ziveria@kalbis.ac.id<p><em>Sistem penyewaan indekos di kawasan industri Bogor masih menggunakan cara tradisional untuk memesan indekos. Penelitian ini bertujuan untuk membangun sistem informasi penyewaan indekos berbasis web yang mencakup pemasaran indekos dan pemesanan indekos dengan metode pengembangan sistem watefall yang mencakup analisis sistem menggunakan cross-functional diagram dan diagram sebab-akibat, desain sistem menggunakan Unified Modeling Language (UML) ), pengembangan sistem dan pemrograman menggunakan bahasa pemrograman Hypertext Preprocessor (PHP) dan database My Structure Query Language (MySQL) dan pengujian sistem menggunakan kotak hitam dengan pengujian alpha. Hasil dari penelitian ini adalah sistem yang dapat digunakan untuk memesan indekos secara online di Bogor.</em></p>2025-03-29T03:13:00+00:00##submission.copyrightStatement##http://ojs.kalbis.ac.id/index.php/kalbiscientia/article/view/4507Rancang Bangun Game Edukasi Pengenalan Budaya Daerah Sebagai Pendukung Pelajaran SBDP di Sekolah Dasar2025-03-29T14:37:24+00:00Ari Hidayatullahari.hidayatullah@undira.ac.idHenri Septantohenri.septanto@undira.ac.id<p><em>Studi kasus ini diharapkan dapat mendukung pelajaran Seni Budaya dan Prakarya (SBDP), yang dimana metode pembelajaran yang konvensional terkadang kurang menarik minat siswa, sehingga pemahaman mereka terhadap materi budaya mejadi terbatas, dengan demikian tujuan dari pembuatan game tersebut yaitu bagaimana merancang dan mengembangkan sebuah game edukasi sebagai alat pembelajaran SBDP serta mengenalkan tarian daerah guna untuk memperkaya proses pembelajaran dengan metode Game Development Life Cycle akan menyajikan materi yang interaktif dan menarik untuk meningkatkan minat belajar serta pemahaman siswa mengenai ragam tarian tradisional di Indonesia, siswa akan belajar mengenali nama-nama tarian dari berbagai daerah, lengkap dengan informasi singkat mengenai asal daerah, karakteristik gerakan, dan sejarah singkat</em></p>2025-03-29T00:00:00+00:00##submission.copyrightStatement##http://ojs.kalbis.ac.id/index.php/kalbiscientia/article/view/4506Rancang Bangun Game Edukasi Pengenalan Profesi Berbasis Multimedia Sebagai Media Pembelajaran Untuk Siswa SD2025-04-08T02:06:12+00:00Henri Septantohenri.septanto@undira.ac.idAri Hidayatullahari.hidayatullah@undira.ac.id<p><em>Pendidikan di </em><em>SD</em> <em>berperan</em><em> penting dalam membentuk pengetahuan, sika</em><em>p</em><em> dan keterampilan anak. Salah satu aspek yang perlu diperhatikan dalam pendidikan adalah pengenalan terhadap beragam profesi</em><em>,</em> <em>karena</em> <em>dapat menambah </em><em>wawasan </em><em>tentang </em><em>berbagai pilihan karir di masa depan</em><em>. </em><em>Penelitian ini bertujuan untuk mengenalkan </em><em>beberapa </em><em>profesi kepada anak-anak melalui game edukasi. Aplikasi</em><em> Game Edukasi</em><em> ini dirancang untuk memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan, di mana siswa dapat </em><em>belajar sambil bermain</em><em>.</em> <em>Metode </em><em>pengembangan software yang digunakan</em><em> adalah Game Development Life Cycle, meliputi tahap pra-produksi, produksi, pengujian, peluncuran, dan evaluasi. Setiap tahapan dilakukan dengan cermat untuk memastikan aplikasi yang dihasilkan memenuhi kebutuhan pendidikan secara efektif dan menarik.</em> <em>Luaran yang ditargetkan dari penelitian ini adalah sebuah prototipe </em><em>game edukasi untuk siswa SD</em><em>, serta artikel yang dipublikasikan di jurnal terakreditasi SINTA</em><em>. Hasil dari penelitian ini adalah</em><em> aplikasi</em><em> game edukasi</em> <em>yang mampu</em><em> meningkatkan pemahaman siswa tentang </em><em>berbagai </em><em>profesi sehingga</em><em> dapat</em> <em>memotivasi mereka untuk berusaha menggapai cita-citanya.</em></p>2025-03-29T00:00:00+00:00##submission.copyrightStatement##http://ojs.kalbis.ac.id/index.php/kalbiscientia/article/view/4522Perhitungan Cadangan Premi Asuransi Jiwa Dwiguna Menggunakan Metode Premium Sufficiency dengan Asumsi Usia Pecahan2025-03-29T14:37:25+00:00Rafli Ramadhanrafli.120410115@student.itera.ac.idFuji Lestarifuji.lestari@at.itera.ac.id<p><em>Risiko merupakan bagian dari kehidupan manusia yang dapat menimbulkan kerugian finansial, sehingga asuransi diperlukan untuk menghadapi risiko tersebut. Asuransi adalah perjanjian antara perusahaan asuransi dan pemegang polis, dengan perusahaan wajib memberikan kompensasi atas kerugian finansialyang dialami pemegang polis. Sebagai imbalannya, pemegang polis perlu membayarkab sejumlah premi. Penelitian inibertujuan untuk menganalisis perhitungan cadangan premi menggunakan metode Premium Sufficiency dengan asumsi usia pecahan. Metode Premium Sufficiency merupakan salah satu perhitungan cadangan premi prospektif menggunakan premi kotor. Pada kenyataannya, peserta asuransi tidak selalu mendaftar pada usia bilangan bulat, melainkan usia pecahan, sehingga dibutuhkan asumsi usia pecahan. Hasil perhitungan cadangan premi menggunakan Premium Sufficiency untuk asumsi usia pecahan mengalami kenaikan tiap tahunnya, dengan nilai cadangan premi pada akhir masa pertanggungan nilainya sama dengan besar nilai pertanggungan. Selain itu, selisih nilai cadangan premi antara kasus masa pembayaran premi selama 5 (lima) tahun dan 10 (sepuluh) tahun pada tahun pertama untuk asumsi usia pecahan sebesar Rp 21.498.124,302.</em></p>2025-03-29T00:00:00+00:00##submission.copyrightStatement##