Tingkatkan Pengetahuan Dan Kepedulian Organisasi Gerakan Kepemudaan Dalam Pembangunan Desa Melalui Sekolah Kader Penggerak Desa

  • Niken Lestari Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama Kebumen

Abstract

ABSTRACT: Village development plays an important role for the advancement of a nation because it is an inseparable part of regional and national development. An Islamic youth movement organization whose majority of its members are young people is part of the community that should participate in village development. To foster this spirit, a village driving cadre school was held. The method used in carrying out this community service is socialization and discussion. The stages of implementing village driving cadres are the stages of planning activities, implementation activities, and evaluations. The results of this activity are expected to increase youth awareness in exploring village potential and play an active role in village development.

Keywords: Youth, Village Movement Cadre School, Village Development

 

ABSTRAK: Pembangunan desa memegang peranan penting bagi majunya sebuah bangsa karena merupakan bagian yang tidak dapat terpisahkan dengan pembangunan daerah maupun nasional. Organisasi gerakan pemuda Islam yang mayoritas anggotanya kaum muda merupakan bagian dari masyarakat yang seharusnya ikut serta berpartisipasi dalam pembangunan desa. Untuk menumbuhkan semangat tersebut diadakanlah sekolah kader penggerak desa. Metode yang digunakan dalam melaksanakan pengabdian masyarakat ini adalah sosialisasi dan diskusi. Tahapan-tahapan pelaksanakan kader penggerak desa adalah tahap kegiatan perencanaan, kegiatan pelaksanaan, dan evaluasi. Hasil dari kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran pemuda dalam menggali potensi desa dan  berperan aktif dalam pembangunan desa.

Kata Kunci: Pemuda, Sekolah Kader Penggerak Desa, Pembangunan Desa

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-03-03