Nilai Tambah Lulusan Pendidikan Nonformal Studi Komunikasi Pendidikan pada PKBM Ristek Nusantara Jaya Jakarta

  • Nani Kurniasari Institute Teknologi dan Bisnis Kalbis
Keywords: komunikasi pendidikan, nilai tambah, pendidikan nonformal, pkbm

Abstract

Nilai tambah pendidikan nonformal merupakan pertimbangan penting dalam menentukan kelayakan penyelenggaraan sebuah institusi pendidikan nonformal. Hal ini menjadi motivasi peneliti untuk melakukan penelitian yang lebih komprehensif, mengingat persoalan pendidikan nonformal tidak hanya terbatas pada ijazah, melainkan juga sebuah pertanyaan besar apakah terdapat nilai lebih yang didapat oleh para lulusannya. Penelitian ini didekati secara kualitatif dengan strategi penelitian deskriptif. Wawancara mendalam kepada informan dilakukan untuk menangkap fenomena sebagai bagian dari kenyataan sosial untuk dikaji menggunakan teori dan konsep komunikasi pendidikan. Hasil verbatim yang didapat dari wawancara mendalam diolah dengan open coding, axial coding, dan selective coding. Penelitian ini menunjukkan bahwa selain modal intelektual untuk menghadapi ujian nasional, alumni pendidikan nonformal juga memiliki nilai tambah seperti kemampuan soft skill, kepemimpinan, dan team work yang bermanfaat bagi mereka di kemudian hari, baik untuk studi lanjut atau pengembangan karir. Penelitian ini diharapkan dapat menstimulasi penelitian selanjutnya mengingat bahwa penelitian tentang pendidikan non-formal dari perspektif komunikasi masih belum banyak dilakukan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-04-28