Pendampingan Bagi Guru PAUD Dalam Memanfaatkan Microsoft Excel Untuk Pendukung Proses Pembelajaran
Abstract
Kegiatan PKM ini dilakukan bagi para guru Pendidikan Anak Usia Dini atau PAUD di Kecamatan Cikarang Pusat. Berdasarkan hasil kordinasi dengan mitra PKM menunjukkan bahwa para guru PAUD membutuhkan keahlian bidang komputer terutama untuk pemamfaatan berbagai perangkat lunak yang dapat membantu pekerjaan mereka. Saat ini, data demografi menunjukkan bahwa sebagian besar guru PAUD disana adalah lulusan SMU dan berada pada level kurang menguasai dalam pemanfaatan aplikasi komputer. Padahal para guru PAUD secara rutin membuat pelaporan terkait hasil penilaian belajar peserta didik, pelaporan terkait capaian pembelajaran telah tercapai, dan bentuk laporan lainnya. Selama ini, para guru mengandalkan seorang operator atau menyuruh pihak lain untuk mengerjakannya. Hal ini sangat beresiko karena ada banyak data-data rahasia yang terkandung dalam setip pelaporan tersebut. Selain itu, keberadaan operator yang ada di setiap sekolah PAUD sangat sedikit. Hal ini yang menjadi latar belakang kegiata PKM yang bersinergi antara himpunan PAUD atau HIMPAUDI di Kecamatan Cikarang Pusat dengan Program Studi Sistem Informasi Kalbis Institute. Kegiatan PKM dilakukan dengan metode pendampingan melalui pelatihan. Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan keahlian teknik para guru di bidang komputer khususnya keahlian memanfaatkan microsoft excel untuk proses pembelajaran.