Pelatihan Komunikasi Pemasaran Dalam Merancang Program Promosi Wisata Di Kabupaten Belitung Timur
Abstract
Selama ini sektor pariwisata mampu mengangkat dan meningkatkan pendapatan dan menggerakan roda perekonomian di suatu daerah. Salah satunya di Kabupaten Belitung Timur yang terkenal dengan wisata Laskar Pelangi. Adanya tantangan yang mereka hadapi selama ini yaitu persaingan obyek dan produk wisata dengan daerah tetangga serta infrastruktur pendukung pariwisata belum memadai. Untuk memberikan alternatif solusi dilakukan pelatihan yang relevan dengan permasalahan melalui pendekatan pelatihan secara kualitatif, dimana tim pelaksana menyampaikan materi secara dialogis dalam bentuk tanya jawab serta diskusi dengan pihak mitra. Pelatihan tersebut meliputi materi tentang perencanaan program promosi di bidang pariwisata. Hasil luaran yang diharapkan mampu memberi dampak manfaat, antara lain memberi gambaran dan pengetahuan kepada para peserta dalam menyusun program promosi dengan cara menampilkan perencanaan secara detail dan terencana dari penerapan fungsi komunikasi pemasaran, menentukan tujuan jangka panjang dalam menyusun strategi komunikasi pemasaran dibidang pariwista di Kabupaten Belitung Timur.